PANDUAN PERSIAPAN PENDATAAN KESEHATAN ONLINE SDN MERGOSONO 01
PANDUAN PERSIAPAN PENGISIAN PENDATAAN KESEHATAN SDN MERGOSONO 01
- Tanggal 26-28 September 2022 akan dilakukan pendataan kesehatan untuk kelas 1-6,
- Pendataan bekerjasama dengan Puskesmas Arjowinangun,
- Pendataan kesehatan bersifat online, melalui formulir online,
- Formulir online ada 2, yaitu Form A. Penjaringan Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Form B. Penilaian Kesehatan Mental Emosional dan Pemeriksaan Kesehatan Intelegensia,
- Form A. Penjaringan Kesehatan Anak Usia Sekolah, diisi oleh siswa kelas 2-6,
- Form B. Penilaian Kesehatan Mental Emosional dan Pemeriksaan Kesehatan Intelegensia, diisi oleh siswa kelas 1-6,
- Isilah dahulu Form A, kemudian baru isi Form B,
- Pengisian pendataan kesehatan dilakukan mandiri oleh orangtua melalui HP,
- Waktu pengisian bisa dilakukan orangtua pagi, siang, sore atau malam, sesuai waktu senggang orangtua,
- Dimohon orangtua dapat mengisi pendataan secara jujur dan tepat sesuai jadwal,
- Agar pendataan akurat, disusunlah panduan ini.
- Form A. Skrining Kesehatan
Dalam rangka upaya pembinaan dan pengembangan UKS/M melalui kegiatan pokok Trias UKS/M, Kota Malang melaksanakan kegiatan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala pada anak usia sekolah dan remaja. Penjaringan kesehatan merupakan suatu prosedur pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang dapat mengganggu proses belajar dan tumbuh kembang anak, sehingga dapat ditindaklanjuti dengan segera. Hasil penjaringan kesehatan juga dapat digunakan untuk merencanakan program kesehatan di sekolah/madrasah. Kegiatan penjaringan kesehatan merupakan bagian dari Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan tingkat Kabupaten/Kota yang diatur dengan Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Kesehatan dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Pembinaan UKS selain dilakukan di sekolah umum juga di Sekolah Luar Biasa (SLB).
Sehubungan dengan hal itu, Kami mohon kerjasama orangtua untuk mengisi Form Penjaringan Kesehatan sesuai dengan kondisi siswa yang sebenar-benarnya. Bagi peserta didik/wali murid yang membutuhkan bantuan, bisa menghubungi guru UKS di sekolah untuk pengisiannya.
Pengisian Form Skrining Kesehatan hanya untuk kelas 2-6 SD. Karena untuk kelas 1 sudah dilakukan skrining kesehatan secara langsung.
Sehubungan dengan hal itu, Kami mohon kerjasama orangtua untuk mengisi Form Penjaringan Kesehatan sesuai dengan kondisi siswa yang sebenar-benarnya. Bagi peserta didik/wali murid yang membutuhkan bantuan, bisa menghubungi guru UKS di sekolah untuk pengisiannya.
Bentuk Form Skrining Kesehatan
Yang perlu disiapkan dan diperhatikan:
- Form hanya untuk siswa kelas 2-6, kelas 1 tidak perlu mengisi,
- Data bersifat rahasia, hanya petugas puskesmas dan PJ UKS yang tahu dan dilarang keras menyebarkan,
- Tinggi badan siswa (bisa timbang di sekolah, atau di pustu (Puskesmas Pembantu Mergosono)
- Berat Badan Siswa (bisa timbang di sekolah, atau di pustu (Puskesmas Pembantu Mergosono)
- Pengisian dilakukan oleh orangtua didampingi siswa,
- Lakukan pengisian secara jujur, tanpa ada kondisi yang ditutupi,
- Pemeriksaan sederhana adalah dengan melihat, yaitu melihat poin yang disebutkan
Yang perlu disiapkan dan diperhatikan:
- Form untuk siswa kelas 1-6,
- Data bersifat rahasia, hanya petugas puskesmas dan PJ UKS yang tahu dan dilarang keras menyebarkan,
- Form hanya berisi pertanyaan dasar seputar kondisi siswa
- Dimohon mengisi secara jujur dan apa adanya,
- Bila ada poin yang kurang dipahami, tanyakan ke PJ UKS.
Buka link yang akan diberikan guru, klik saja linknya akan terbuka ke formTampilan form seperti di atasBacalah terlebih dahulu penjelasannya,1. Isilah nama lengkap peserta didik (Contoh: Muhammad Noval)2. Pilih jenis kelamin (Laki2/ Perempuan)3. Pilih jenis sekolah (Pilihlah SD Sederajat)4. Kalau sudah, tekan/klik Berikutnya
1. Pilihlah nama sekolah : SDN Mergosono 12. Pilihlah jenjang kelas : Hanya untuk kelas 2-63. Tuliskan kategori kelas/rombel : 2A, 2B, 3A, 3B, dst.4. Jika sudah, tekan/klik Berikutnya
....
Kemudian terdapat pertanyaan-pertanyaan dasar tentang siswa seperti dibawah iniOrangtua hanya memilih benar, agak benar dan tidak benar
Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ)
Berikut adalah kuesioner tentang Strengths and
Difficulties (SDQ) yang harus diisi oleh peserta didik. Kuesioner tersebut akan
dapat menunjukkan hasil terhadap gangguan mental emosional peserta didik.
Jawablah setiap pernyataan berikut sebagaimana
terjadi pada diri Anda selama enam bulan terakhir. Untuk peserta didik yang
membutuhkan bantuan bisa dibantu mengisi oleh orang tua/wali murid.
Strengths
and Difficulties Questionnaire*
- Berusaha
bersikap baik kepada orang lain dan peduli dengan perasaan mereka
- Gelisah,
terlalu aktif, tidak dapat diam untuk waktu lama
- Sering sakit
kepala, sakit perut atau macam2 sakit lain
- Kalau memiliki
mainan, kesenangan atau makanan biasanya berbagi dengan orang lain
- Menjadi sangat
marah dan sering tidak bisa mengendalikan kemarahan
- Cenderung
lebih suka menyendiri atau bermain sendiri daripada bersama dengan orang-orang
yang seumuran
- Biasanya
melakukan apa yang diperintahkan oleh orang lain, bertingkah laku baik
- Banyak merasa
cemas atau khawatir terhadap apapun
- Selalu siap
menolong jika ada orang terluka, kecewa atau merasa sakit
- Bila sedang
gelisah atau cemas, badan sering bergerak-gerak tanpa disadari
- Mempunyai satu
teman baik atau lebih
- Sering
bertengkar dengan orang lain, memaksa orang lain melakukan apa yang
diinginkan atau mengintimidasi mereka
- Sering merasa
tidak bahagia, sedih atau menangis
- Pada umumnya
disukai oleh orang-orang seumuran
- Perhatian mudah
teralihkan, sulit memusatkan perhatian pada apapun
- Merasa gugup
dalam situasi baru, mudah kehilangan rasa percaya diri
- Bersikap baik
pada anak-anak yang lebih muda
- Sering dituduh
berbohong atau berbuat curang
- Sering
diganggu, dipermainkan, diintimidasi atau diancam oleh anak-anak lainnya
- Sering
menawarkan diri untuk membantu orang lain, orang tua, guru atau anak-anak
- Sebelum
melakukan sesuatu, selalu berpikir dahulu tentang akibatnya
- Mengambil
barang yang bukan miliknya dari rumah, sekolah, atau darimana saja
- Lebih mudah
berteman dengan orang dewasa daripada dengan orang-orang seumuran
- Banyak yang ditakuti, mudah menjadi takut
- Menyelesaikan
pekerjaan yang sedang dilakukan, mempunyai perhatian yang baik terhadap
apapun
Modalitas
Belajar
Berikut adalah kuesioner
tentang Modalitas Belajar yang harus diisi oleh peserta didik. Kuesioner
tersebut akan dapat menunjukkan hasil terhadap kondisi visual, audiotorik dan
kinestetik peserta didik.
Jawablah setiap pernyataan berikut sebagaimana
terjadi pada diri Anda selama enam bulan terakhir. Untuk peserta didik yang
membutuhkan bantuan bisa dibantu mengisi oleh orang tua/wali murid.
1. Suka mengingat
sesuatu dengan membayangkannya
2. Memahami sesuatu
dengan melihat grafik/bagan/skema atau membaca tulisan
3. Memahami sesuatu
dari mendengar/petunjuk lisan
4. Mudah mengikuti
instruksi tertulis
5. Bisa mengerjakan
grafik, bagan/skema dan poster dengan baik.
6. Senang melakukan
tugas dengan di dikte
7. Saya dapat menyusun
bongkar pasang gambar (puzzles) dengan baik
8. Senang membaca
9. Mudah memahami
penjelasan dengan alat peraga
10. Suka mencatat dan
membuat daftar apa yang ingin saya ingat
11. Mudah mengikuti
petunjuk di peta
12. Suka mengikuti
petunjuk lisan
13. Suka mendengar
seseorang berbicara dalam mendapatkan informasi.
14. Membutuhkan
penjelasan tentang suatu diagram atau peta.
15. Senang berdiskusi
membicarakan suatu hal.
16. Suka mendengarkan
irama musik untuk mempelajari sesuatu.
17. Suka mendengarkan music
18. Suka melakukan
gerakan-gerakan untuk mengingat sesuatu (mengetuk-ngetuk pena,
menggoyang-goyang tungkai).
19. Suka bekerja dengan
tangan saya dalam membuat atau memperbaiki sesuatu.
20. Suka berdiri atau
berjalan-jalan saat belajar
21. Suka menggunakan
gerakan tangan saat berbicara
22. Terampil berolah
raga.
23. Suka melihat
gerakan tubuh seseorang untuk memahami maksud pikirannya.
24. Harus melakukan apa
yang telah dipelajari agar mudah dipahami
Dominasi Otak
Berikut adalah kuesioner tentang Dominasi Otak
yang harus diisi oleh peserta didik. Kuesioner tersebut akan dapat menunjukkan
hasil terhadap dominasi penggunaan otak kanan dan otak kiri peserta didik.
Jawablah setiap pernyataan berikut sebagaimana
terjadi pada diri Anda selama enam bulan terakhir. Untuk peserta didik yang
membutuhkan bantuan bisa dibantu mengisi oleh orang tua/wali murid.
- Suka bergerak dan banyak
beraktivitas?
- Kesulitan dalam mewarnai
gambar dan menulis?
- Sangat peka terhadap
kritikan?
- Terampil dalam menyusun
mainan (building toys), misalnya LEGO, balok susun?
- Terampil dalam menyusun
puzzles dan mazes?
- Bila dibacakan sebuah buku
kepada kamu sebanyak 2 atau 3 kali, dapatkah kamu mengisi kata yang hilang
dengan ingatan yang sangat baik?
- Sangat penting untuk
menyukai guru disekolah agar dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik di
dalam kelas?
- Mudah beralih perhatiannya,
atau sering melamun?
- Tidak dapat menyelesaikan
tugas secara konsisten?
- Cenderung berbuat dulu baru
berpikir?
- Harus memotong label baju
sebelum dikenakan?
- Hanya mau memakai baju yang
lembut dan nyaman?
- Sangat menikmati saat
berolah raga, berada di pesta yang ramai, dan berekreasi di taman hiburan?
- Cenderung pemalu?
- Harus selalu diingatkan
untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan?
- Senang bersaing dan tidak
mau kalah ?
- Memiliki rasa humor yang
baik ?
- Mempunyai kemampuan di atas
rata-rata untuk mengerti dan menciptakan permainan kata ?
- Selalu ingin sempurna dalam
mencoba sesuatu yang baru
- Mampukah mengingat kembali
saat liburan atau kejadian pada 1 atau 2 tahun yang lalu, secara gamblang
detailnya ?
Contoh Form B.
Terimakasih telah membaca panduan, semoga orangtua dapat mengisi dengan benar___
Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ)
Berikut adalah kuesioner tentang Strengths and
Difficulties (SDQ) yang harus diisi oleh peserta didik. Kuesioner tersebut akan
dapat menunjukkan hasil terhadap gangguan mental emosional peserta didik.
Jawablah setiap pernyataan berikut sebagaimana
terjadi pada diri Anda selama enam bulan terakhir. Untuk peserta didik yang
membutuhkan bantuan bisa dibantu mengisi oleh orang tua/wali murid.
Strengths
and Difficulties Questionnaire*
- Berusaha
bersikap baik kepada orang lain dan peduli dengan perasaan mereka
- Gelisah,
terlalu aktif, tidak dapat diam untuk waktu lama
- Sering sakit
kepala, sakit perut atau macam2 sakit lain
- Kalau memiliki
mainan, kesenangan atau makanan biasanya berbagi dengan orang lain
- Menjadi sangat
marah dan sering tidak bisa mengendalikan kemarahan
- Cenderung
lebih suka menyendiri atau bermain sendiri daripada bersama dengan orang-orang
yang seumuran
- Biasanya
melakukan apa yang diperintahkan oleh orang lain, bertingkah laku baik
- Banyak merasa
cemas atau khawatir terhadap apapun
- Selalu siap
menolong jika ada orang terluka, kecewa atau merasa sakit
- Bila sedang
gelisah atau cemas, badan sering bergerak-gerak tanpa disadari
- Mempunyai satu
teman baik atau lebih
- Sering
bertengkar dengan orang lain, memaksa orang lain melakukan apa yang
diinginkan atau mengintimidasi mereka
- Sering merasa
tidak bahagia, sedih atau menangis
- Pada umumnya
disukai oleh orang-orang seumuran
- Perhatian mudah
teralihkan, sulit memusatkan perhatian pada apapun
- Merasa gugup
dalam situasi baru, mudah kehilangan rasa percaya diri
- Bersikap baik
pada anak-anak yang lebih muda
- Sering dituduh
berbohong atau berbuat curang
- Sering
diganggu, dipermainkan, diintimidasi atau diancam oleh anak-anak lainnya
- Sering
menawarkan diri untuk membantu orang lain, orang tua, guru atau anak-anak
- Sebelum
melakukan sesuatu, selalu berpikir dahulu tentang akibatnya
- Mengambil
barang yang bukan miliknya dari rumah, sekolah, atau darimana saja
- Lebih mudah
berteman dengan orang dewasa daripada dengan orang-orang seumuran
- Banyak yang ditakuti, mudah menjadi takut
- Menyelesaikan
pekerjaan yang sedang dilakukan, mempunyai perhatian yang baik terhadap
apapun
Modalitas
Belajar
Berikut adalah kuesioner
tentang Modalitas Belajar yang harus diisi oleh peserta didik. Kuesioner
tersebut akan dapat menunjukkan hasil terhadap kondisi visual, audiotorik dan
kinestetik peserta didik.
Jawablah setiap pernyataan berikut sebagaimana
terjadi pada diri Anda selama enam bulan terakhir. Untuk peserta didik yang
membutuhkan bantuan bisa dibantu mengisi oleh orang tua/wali murid.
1. Suka mengingat
sesuatu dengan membayangkannya
2. Memahami sesuatu
dengan melihat grafik/bagan/skema atau membaca tulisan
3. Memahami sesuatu
dari mendengar/petunjuk lisan
4. Mudah mengikuti
instruksi tertulis
5. Bisa mengerjakan
grafik, bagan/skema dan poster dengan baik.
6. Senang melakukan
tugas dengan di dikte
7. Saya dapat menyusun
bongkar pasang gambar (puzzles) dengan baik
8. Senang membaca
9. Mudah memahami
penjelasan dengan alat peraga
10. Suka mencatat dan
membuat daftar apa yang ingin saya ingat
11. Mudah mengikuti
petunjuk di peta
12. Suka mengikuti
petunjuk lisan
13. Suka mendengar
seseorang berbicara dalam mendapatkan informasi.
14. Membutuhkan
penjelasan tentang suatu diagram atau peta.
15. Senang berdiskusi
membicarakan suatu hal.
16. Suka mendengarkan
irama musik untuk mempelajari sesuatu.
17. Suka mendengarkan music
18. Suka melakukan
gerakan-gerakan untuk mengingat sesuatu (mengetuk-ngetuk pena,
menggoyang-goyang tungkai).
19. Suka bekerja dengan
tangan saya dalam membuat atau memperbaiki sesuatu.
20. Suka berdiri atau
berjalan-jalan saat belajar
21. Suka menggunakan
gerakan tangan saat berbicara
22. Terampil berolah
raga.
23. Suka melihat
gerakan tubuh seseorang untuk memahami maksud pikirannya.
24. Harus melakukan apa
yang telah dipelajari agar mudah dipahami
Dominasi Otak
Berikut adalah kuesioner tentang Dominasi Otak
yang harus diisi oleh peserta didik. Kuesioner tersebut akan dapat menunjukkan
hasil terhadap dominasi penggunaan otak kanan dan otak kiri peserta didik.
Jawablah setiap pernyataan berikut sebagaimana
terjadi pada diri Anda selama enam bulan terakhir. Untuk peserta didik yang
membutuhkan bantuan bisa dibantu mengisi oleh orang tua/wali murid.
- Suka bergerak dan banyak
beraktivitas?
- Kesulitan dalam mewarnai
gambar dan menulis?
- Sangat peka terhadap
kritikan?
- Terampil dalam menyusun
mainan (building toys), misalnya LEGO, balok susun?
- Terampil dalam menyusun
puzzles dan mazes?
- Bila dibacakan sebuah buku
kepada kamu sebanyak 2 atau 3 kali, dapatkah kamu mengisi kata yang hilang
dengan ingatan yang sangat baik?
- Sangat penting untuk
menyukai guru disekolah agar dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik di
dalam kelas?
- Mudah beralih perhatiannya,
atau sering melamun?
- Tidak dapat menyelesaikan
tugas secara konsisten?
- Cenderung berbuat dulu baru
berpikir?
- Harus memotong label baju
sebelum dikenakan?
- Hanya mau memakai baju yang
lembut dan nyaman?
- Sangat menikmati saat
berolah raga, berada di pesta yang ramai, dan berekreasi di taman hiburan?
- Cenderung pemalu?
- Harus selalu diingatkan
untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan?
- Senang bersaing dan tidak
mau kalah ?
- Memiliki rasa humor yang
baik ?
- Mempunyai kemampuan di atas
rata-rata untuk mengerti dan menciptakan permainan kata ?
- Selalu ingin sempurna dalam
mencoba sesuatu yang baru
- Mampukah mengingat kembali
saat liburan atau kejadian pada 1 atau 2 tahun yang lalu, secara gamblang
detailnya ?
Contoh Form B.
Post a Comment