PANDUAN PERSIAPAN PENDATAAN KESEHATAN ONLINE SDN MERGOSONO 01

 



PANDUAN PERSIAPAN PENGISIAN PENDATAAN KESEHATAN SDN MERGOSONO 01



Pendahuluan:
  1. Tanggal 26-28 September 2022 akan dilakukan pendataan kesehatan untuk kelas 1-6,
  2. Pendataan bekerjasama dengan Puskesmas Arjowinangun,
  3. Pendataan kesehatan bersifat online, melalui formulir online,
  4. Formulir online ada 2, yaitu Form A. Penjaringan Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Form B.  Penilaian Kesehatan Mental Emosional dan Pemeriksaan Kesehatan Intelegensia,
  5. Form A. Penjaringan Kesehatan Anak Usia Sekolah, diisi oleh siswa kelas 2-6,
  6. Form B. Penilaian Kesehatan Mental Emosional dan Pemeriksaan Kesehatan Intelegensia, diisi oleh siswa kelas 1-6,
  7. Isilah dahulu Form A, kemudian baru isi Form B,
  8. Pengisian pendataan kesehatan dilakukan mandiri oleh orangtua melalui HP,
  9. Waktu pengisian bisa dilakukan orangtua pagi, siang, sore atau malam, sesuai waktu senggang orangtua,
  10. Dimohon orangtua dapat mengisi pendataan secara jujur dan tepat sesuai jadwal,
  11. Agar pendataan akurat, disusunlah panduan ini.

  1. Form A. Skrining Kesehatan
Dalam rangka upaya pembinaan dan pengembangan UKS/M melalui kegiatan pokok Trias UKS/M, Kota Malang melaksanakan kegiatan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala pada anak usia sekolah dan remaja. Penjaringan kesehatan merupakan suatu prosedur pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang dapat mengganggu proses belajar dan tumbuh kembang anak, sehingga dapat ditindaklanjuti dengan segera. Hasil penjaringan kesehatan juga dapat digunakan untuk merencanakan program kesehatan di sekolah/madrasah. Kegiatan penjaringan kesehatan merupakan bagian dari Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan tingkat Kabupaten/Kota yang diatur dengan Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Kesehatan dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Pembinaan UKS selain dilakukan di sekolah umum juga di Sekolah Luar Biasa (SLB).

Sehubungan dengan hal itu, Kami mohon kerjasama orangtua untuk mengisi Form Penjaringan Kesehatan sesuai dengan kondisi siswa yang sebenar-benarnya. Bagi peserta didik/wali murid yang membutuhkan bantuan, bisa menghubungi guru UKS di sekolah untuk pengisiannya.

Pengisian Form Skrining Kesehatan hanya untuk kelas 2-6 SD. Karena untuk kelas 1 sudah dilakukan skrining kesehatan secara langsung.

 

Bentuk Form Skrining Kesehatan 

Yang perlu disiapkan dan diperhatikan:

  1. Form hanya untuk siswa kelas 2-6, kelas 1 tidak perlu mengisi,
  2. Data bersifat rahasia, hanya petugas puskesmas dan PJ UKS yang tahu dan dilarang keras menyebarkan,
  3. Tinggi badan siswa (bisa timbang di sekolah, atau di pustu (Puskesmas Pembantu Mergosono)
  4. Berat Badan Siswa (bisa timbang di sekolah, atau di pustu (Puskesmas Pembantu Mergosono)
  5. Pengisian dilakukan oleh orangtua didampingi siswa,
  6. Lakukan pengisian secara jujur, tanpa ada kondisi yang ditutupi,
  7. Pemeriksaan sederhana adalah dengan melihat, yaitu melihat poin yang disebutkan
 Form A.



 Buka link yang akan diberikan guru, klik saja linknya akan terbuka ke form
Tampilan form seperti di atas
Bacalah terlebih dahulu penjelasannya,
1. Isilah nama lengkap peserta didik (Contoh: Muhammad Noval)
2. Pilih jenis kelamin (Laki2/ Perempuan)
3. Pilih jenis sekolah (Pilihlah SD Sederajat)
4. Kalau sudah, tekan/klik Berikutnya



1. Pilihlah nama sekolah : SDN Mergosono 1
2. Pilihlah jenjang kelas : Hanya untuk kelas 2-6
3. Tuliskan kategori kelas/rombel : 2A, 2B, 3A, 3B, dst.
4. Jika sudah, tekan/klik Berikutnya



1. Isilah tanggal lahir siswa: isi dengan teliti
2. Isilah usia siswa dalam tahun, contoh: 8 tahun
3. Isilah berat badan menggunakan timbangan badan, contoh : 50 kg
*Bila tidak punya timbangan badan, bisa menimbang badan di sekolah,
atau menimbang badan di puskesmas mergosono
4. Isilah tinggi badan dalam centimeter, contoh: 112 cm
*Bila tidak punya timbangan badan, bisa menimbang badan di sekolah,
atau menimbang badan di puskesmas mergosono


1. Pilihlah tanda klinis anemia (isi dengan sesuai): lakukan pemeriksaan sederhana kepada siswa
2. Isilah tekanan darah, jika tidak tahu isi 0: bisa cek di uks, atau di puskesmas mergosono
3. Pilih kesehatan gigi dan mulut: cek secara sederhana dan jujur


1. Pilih kesehatan mata : 
tanyakan kepada siswa apakah ada masalah penglihatan ketika pelajaran
siswa akan sangat kesulitan mengikuti pelajaran, bila ada masalah pada mata
2. Pilih kesehatan telinga: lakukan pemeriksaan sederhana
3. Pilih kesehatan Kulit: Cek secara teliti tubuh siswa, dan pilihlah secara jujur

1. Bila ada masalah pada kulit siswa, foto dan upload pada poin ini
Pihak puskesmas akan memberi solusi melalui guru UKS
2. Pilih secara jujur gaya hidup siswa
3. Pilih secara jujur kesehatan reproduksi siswa


Pada pertanyaan ini, orangtua apakah pernah memberi obat tambah darah?



1. Pilih apakah siswa mengkonsumsi obat tambah darah
2. Kalau sudah terisi semua, klik/tekan Berikutnya


Pada pertanyaan ini, orangtua apakah pernah memberi obat cacing:
Sekolah pada bulan Mei pernah memberikan obat cacing, untuk siswa kelas 2-6

1. Terakhir, pertanyaan untuk buku kesehatanku. Hanya kelas 1 yang punya
2. Jika sudah mengisi semua, tekan/klik kirim


Pengisian Form A. Skrining Kesehatan Selesai

.....
....
...
..
.


2. Form B. Penilaian Kesehatan Mental Emosional dan Pemeriksaan Kesehatan Intelegensia

Yang perlu disiapkan dan diperhatikan:

  1. Form untuk siswa kelas 1-6, 
  2. Data bersifat rahasia, hanya petugas puskesmas dan PJ UKS yang tahu dan dilarang keras menyebarkan,
  3. Form hanya berisi pertanyaan dasar seputar kondisi siswa
  4. Dimohon mengisi secara jujur dan apa adanya,
  5. Bila ada poin yang kurang dipahami, tanyakan ke PJ UKS.

Form B.




 Buka link yang akan diberikan guru, klik saja linknya akan terbuka ke form
Tampilan form seperti di atas
Bacalah terlebih dahulu penjelasannya,
1. Isilah nama lengkap peserta didik (Contoh: Muhammad Noval)
2. Pilih jenis kelamin (Laki2/ Perempuan)
3. Pilih jenis sekolah (Pilihlah SD Sederajat)
4. Kalau sudah, tekan/klik Berikutnya




1. Pilihlah nama sekolah : SDN Mergosono 1
2. Pilihlah jenjang kelas : Hanya untuk kelas 2-6
3. Tuliskan kategori kelas/rombel : 2A, 2B, 3A, 3B, dst.
4. Jika sudah, tekan/klik Berikutnya



....

Kemudian terdapat pertanyaan-pertanyaan dasar tentang siswa seperti dibawah ini
Orangtua hanya memilih benar, agak benar dan tidak benar



Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ)

Berikut adalah kuesioner tentang Strengths and Difficulties (SDQ) yang harus diisi oleh peserta didik. Kuesioner tersebut akan dapat menunjukkan hasil terhadap gangguan mental emosional peserta didik.

Jawablah setiap pernyataan berikut sebagaimana terjadi pada diri Anda selama enam bulan terakhir. Untuk peserta didik yang membutuhkan bantuan bisa dibantu mengisi oleh orang tua/wali murid.

 

Strengths and Difficulties Questionnaire*

  1. Berusaha bersikap baik kepada orang lain dan peduli dengan perasaan mereka
  2. Gelisah, terlalu aktif, tidak dapat diam untuk waktu lama
  3. Sering sakit kepala, sakit perut atau macam2 sakit lain
  4. Kalau memiliki mainan, kesenangan atau makanan biasanya berbagi dengan orang lain
  5. Menjadi sangat marah dan sering tidak bisa mengendalikan kemarahan
  6. Cenderung lebih suka menyendiri atau bermain sendiri daripada bersama dengan orang-orang yang seumuran
  7. Biasanya melakukan apa yang diperintahkan oleh orang lain, bertingkah laku baik
  8. Banyak merasa cemas atau khawatir terhadap apapun
  9. Selalu siap menolong jika ada orang terluka, kecewa atau merasa sakit
  10. Bila sedang gelisah atau cemas, badan sering bergerak-gerak tanpa disadari
  11. Mempunyai satu teman baik atau lebih
  12. Sering bertengkar dengan orang lain, memaksa orang lain melakukan apa yang diinginkan atau mengintimidasi mereka
  13. Sering merasa tidak bahagia, sedih atau menangis
  14. Pada umumnya disukai oleh orang-orang seumuran
  15. Perhatian mudah teralihkan, sulit memusatkan perhatian pada apapun
  16. Merasa gugup dalam situasi baru, mudah kehilangan rasa percaya diri
  17. Bersikap baik pada anak-anak yang lebih muda
  18. Sering dituduh berbohong atau berbuat curang
  19. Sering diganggu, dipermainkan, diintimidasi atau diancam oleh anak-anak lainnya
  20. Sering menawarkan diri untuk membantu orang lain, orang tua, guru atau anak-anak
  21. Sebelum melakukan sesuatu, selalu berpikir dahulu tentang akibatnya
  22. Mengambil barang yang bukan miliknya dari rumah, sekolah, atau darimana saja
  23. Lebih mudah berteman dengan orang dewasa daripada dengan orang-orang seumuran
  24. Banyak yang ditakuti, mudah menjadi takut
  25. Menyelesaikan pekerjaan yang sedang dilakukan, mempunyai perhatian yang baik terhadap apapun

 

 

Modalitas Belajar

Berikut adalah kuesioner tentang Modalitas Belajar yang harus diisi oleh peserta didik. Kuesioner tersebut akan dapat menunjukkan hasil terhadap kondisi visual, audiotorik dan kinestetik peserta didik.

Jawablah setiap pernyataan berikut sebagaimana terjadi pada diri Anda selama enam bulan terakhir. Untuk peserta didik yang membutuhkan bantuan bisa dibantu mengisi oleh orang tua/wali murid.

1.      Suka mengingat sesuatu dengan membayangkannya

2.      Memahami sesuatu dengan melihat grafik/bagan/skema atau membaca tulisan

3.      Memahami sesuatu dari mendengar/petunjuk lisan

4.      Mudah mengikuti instruksi tertulis

5.      Bisa mengerjakan grafik, bagan/skema dan poster dengan baik.

6.      Senang melakukan tugas dengan di dikte

7.      Saya dapat menyusun bongkar pasang gambar (puzzles) dengan baik

8.      Senang membaca

9.      Mudah memahami penjelasan dengan alat peraga

10.  Suka mencatat dan membuat daftar apa yang ingin saya ingat

11.  Mudah mengikuti petunjuk di peta

12.  Suka mengikuti petunjuk lisan

13.  Suka mendengar seseorang berbicara dalam mendapatkan informasi.

14.  Membutuhkan penjelasan tentang suatu diagram atau peta.

15.  Senang berdiskusi membicarakan suatu hal.

16.  Suka mendengarkan irama musik untuk mempelajari sesuatu.

17.  Suka mendengarkan music

18.  Suka melakukan gerakan-gerakan untuk mengingat sesuatu (mengetuk-ngetuk pena, menggoyang-goyang tungkai).

19.  Suka bekerja dengan tangan saya dalam membuat atau memperbaiki sesuatu.

20.  Suka berdiri atau berjalan-jalan saat belajar

21.  Suka menggunakan gerakan tangan saat berbicara

22.  Terampil berolah raga.

23.  Suka melihat gerakan tubuh seseorang untuk memahami maksud pikirannya.

24.  Harus melakukan apa yang telah dipelajari agar mudah dipahami

 

Dominasi Otak

Berikut adalah kuesioner tentang Dominasi Otak yang harus diisi oleh peserta didik. Kuesioner tersebut akan dapat menunjukkan hasil terhadap dominasi penggunaan otak kanan dan otak kiri peserta didik.

Jawablah setiap pernyataan berikut sebagaimana terjadi pada diri Anda selama enam bulan terakhir. Untuk peserta didik yang membutuhkan bantuan bisa dibantu mengisi oleh orang tua/wali murid.

 

  1. Suka bergerak dan banyak beraktivitas?
  2. Kesulitan dalam mewarnai gambar dan menulis?
  3. Sangat peka terhadap kritikan?
  4. Terampil dalam menyusun mainan (building toys), misalnya LEGO, balok susun?
  5. Terampil dalam menyusun puzzles dan mazes?
  6. Bila dibacakan sebuah buku kepada kamu sebanyak 2 atau 3 kali, dapatkah kamu mengisi kata yang hilang dengan ingatan yang sangat baik?
  7. Sangat penting untuk menyukai guru disekolah agar dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik di dalam kelas?
  8. Mudah beralih perhatiannya, atau sering melamun?
  9. Tidak dapat menyelesaikan tugas secara konsisten?
  10. Cenderung berbuat dulu baru berpikir?
  11. Harus memotong label baju sebelum dikenakan?
  12. Hanya mau memakai baju yang lembut dan nyaman?
  13. Sangat menikmati saat berolah raga, berada di pesta yang ramai, dan berekreasi di taman hiburan?
  14. Cenderung pemalu?
  15. Harus selalu diingatkan untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan?
  16. Senang bersaing dan tidak mau kalah ?
  17. Memiliki rasa humor yang baik ?
  18. Mempunyai kemampuan di atas rata-rata untuk mengerti dan menciptakan permainan kata ?
  19. Selalu ingin sempurna dalam mencoba sesuatu yang baru
  20. Mampukah mengingat kembali saat liburan atau kejadian pada 1 atau 2 tahun yang lalu, secara gamblang detailnya ?

Contoh Form B.




Pengisian Form B. Selesai


Terimakasih telah membaca panduan, semoga orangtua dapat mengisi dengan benar___





Redaksi: Pak Noval




PANDUAN PERSIAPAN PENDATAAN KESEHATAN ONLINE SDN MERGOSONO 01 PANDUAN PERSIAPAN PENDATAAN KESEHATAN ONLINE SDN MERGOSONO 01 Reviewed by SDN Mergosono 1 Malang on 9/21/2022 02:47:00 AM Rating: 5

No comments

Berikan komentarmu